IQEF : Ajang berbagi kisah sukses, penghargaan, pameran dan jembatan menuju prestasi global

Pengantar.

Era saat ini  sebagian besar orang menyebutnya era VUCA yaitu era yang penuh dengan gejolak, ketidakpastian tinggi, permasalahan yang semakin komplek dan ketidakjelasan informasi mana yang benar dan mana yang hoax sehingga menuntut para pembuat dan pelaku sejarah adaptif terhadap perubahan lingkungan  yang terjadi.

Dalam waktu yang bersamaan dunia mutu dan produktivitas turut  berevolusi bahkan bertransformasi sehingga diperlukan kesadaran, pemahaman dan aksis bersama adanya sebuah wadah atau media yang adaptif terhadap dinamika tata kelola mutu dan atau berbagi kisah sukses dan pameran berbagai karya unggulan anak bangsa yang bepeluang berlanjut ke jenjang prestasi dan daya saing global.

IQEF menjadi solusi sebagai ajang sharing best practice dari organisasi-organisasi dan praktisi manajemen mutu serta apresiasi kepada organisasi, implementor manajemen inovasi, dan individu berkinerja ekselen. Ajang ini juga memamerkan karya-karya inovasi ekselen

Perjalanan dan perjuangan panjang,

Dalam acara sosialisasi yang digelar secara online ini pada Kamis, 16 Mei 2024  sebagai host adalah Salsa dan membuka dengan doa bersama.  Sih Anggoro yang menjadi Ketua Komite Pelaksana menyapa peserta dan menjelaskan bahwa format IQEF 2024 ini  yang jauh berbeda dengan sebelumnya dan bertransformasi  kegiatannya  yaitu selain sharing best practice (kisah sukses yang inspiratif) diagendkan berbagai penghargaan dan pameran hasil inovasi perusahaan.  

Kilas balik mulai IQEF perdana yang digelar pada 15-16 September 2015 di Hotel Panghegar Bandung dengan agenda utama forum seminar dengan topik Knowledge Management, ISO Series dan Inovasi. IQEF 2017 diselenggarakan pada 24-25 Agustus 2017 di Bandung dengan agenda diskusi panel dan pameran UMKM. IQEF 2021 masih dalam suasana pandemi diselenggarakan secara online bersamaan dengan TKMPN XXV dan IQPC 2021 pada 15-18 November 2021 di hotel Aston Jakarta dengan agenda sharing session dan penghargaan IPEA 2021.

Ada ruang dan kesempatan yang berbeda serta  menjadi bridging kompetisi ke level atau skala  internasional. Harapan kita para peserta bisa menjadi bagian dari proses transformasi IQEF ini  dan saling menginspirasi serta saling belajar best practice sehingga seluruh ekosistem perusahaan terus bertumbuh.    

Lebih dekat lebih semangat.

Reyza sebagai narasumber pertama menyampaikan penjelasan IQEF 2024 bahwa gebyar IQEF 2024 digelar di kota Paris van Java, kota kembang Bandung di hotel Savoy Homan Jawa Barat selama 3 hari berturut-turut 22-24 Oktober 2024. Agenda yang melegenda berawal pada 22 Oktober 2024 dengan aktivitas registrasi Quality Excellence Exhibition. Berlanjut pada 23 Oktober 2024 opening ceremony, keynote speaker, quality excellence sharing session, IQEF Award presentation dan Quality excellence exhibition. Pada 24 Oktober 2024 melanjutkan Quality excellence sharing session, IQEF award presentation, Quality excellence exhibition, Gala dinner closing ceremony & awrads night.

IQEF bridge to APQO International Conference. Yang beda dan memiliki keunggulan mengikuti IQEF ini adalah menjadi jembatan ke ajang internasional. Bagi peserta IPEA menjadi jembatan untuk mengikuti Global Performance Excellennce Award (GPEA), bagi peserta Innovation Management Aawrd (IMA)  berpeluang untuk mengikuti APQO Innovation Class (AIC), sedangkan untuk peserta QLA, QPA, QFA dan TLA memiliki jenjang ke APQO International Individual Award (AIIA). Masih ada satu peluang yang prestisius ketika peserta mengikuti IQEF Exhibition dapat berlanjut ke ajang International Federation of Inventors Association (IFIA).

Program direncanakan peserta menentukan pilihan.

Quality Excellence Sharing Session. Budihartono sebagai narasumber kedua bahwa Quality Excellence Sharing Session akan menyajikan pengalaman praktis dari para praktisi dan pimpinan organisasi dalam membangun keunggulan organisasi.  Sesi ini akan memberikan inspirasi bagi para peserta untuk dapat menetapkan arah organisasi, menyusun kebijakan, membangun sistem, membangun budaya kerja bermutu dan menjadi agen perubahan untuk mentransformasi organisasi menjadi yang terbaik di kelasnya.

Quality Excellence Exhibition. Merupakan ajang bagi perusahaan di Indonesia untuk memamerkan serta mempromosikan hasil inovasi dalam berbagai bidang kepada berbagai kalangan baik profesional, akademisi, maupun masyarakat umum. Selain itu, pameran ini juga akan menjadi sarana bagi perusahaan untuk saling bertukar informasi dan berkolaborasi dalam pengembangan inovasi.

Biaya termasuk untuk maksimum 3 inovasi diperbolehkan untuk dipamerkan per stand, booth standar R8  dengan ukuran 2×3, 2 Bangku dan 1 meja, Penamaan pada booth, Kelistrikan, Publikasi di buku program, Berhak mendapatkan penilaian sesuai kriteria dan penghargaan, Berhak mengikuti seluruh rangkaian acara IQEF.

Indonesia Performance Excellence Award (IPEA). Sebagaipengakuan dan apresiasi bagi organisasi yang memiliki kinerja unggul.  Apresiasi ini akan kompatibel dengan pengakuan internasional GPEA.

Penghargaan akan dibagi menjadi tiga kelompok kelas organisasi yaitu organisasi besar, sedang dan kecil. Calon penerima penghargaan ini diharapkan mengisi formulir IPEA untuk dievaluasi oleh tim penilai sesuai kriteria (ODA dan OSA). Tim penilai akan mengunjungi organisasi penerima penghargaan untuk klarifikasi data.

Innovation Management Award (IMA). Saat ini inovasi merupakan alat pamungkas bagi tiap organisasi agar tetap competitiveness dan sustainable growth.  Sebagai upaya lebih menggiatkan gerakan inovasi di tanah air, AMMPI menggagas dimulainya gerakan pengelolaan inovasi dengan memperkenalkan program penilaian mandiri IMA (Innovation Management Award). AMMPI akan memberikan apresiasi bagi organisasi yang berkomitmen untuk menjadikan pengelolaan inovasi sebagai bagian utama aktivitasnya. Calon penerima penghargaan ini diharapkan mengisi formulir IMA untuk dievaluasi oleh tim penilai sesuai kriteria

IMA Framework merupakan kerangka kerja untuk mendorong inovasi yang membutuhkan konektivitas di setiap aspek organisasi, dan memungkinkan penyampaian kreativitas  secara konsisten  guna menghasilkan bentuk inovasi paling relevan yang bermanfaat bagi setiap segmen berbasis pelanggan serta keberlanjutan organisasi.

Kerangka Kerja Model IMA terdiri dari 5 Komponen dengan bobot yang sama yaitu;

  1. Kepemimpinan Inovasi / Strategi Inovasi / Pengetahuan (20%)
  2. Bakat dan Kompetensi (20%)
  3. Proses Inovasi / Sistem Kerja dan Mitra (20%)
  4. Penciptaan dan Keterlibatan Pelanggan (20%)
  5. Mendorong Inovasi dan Pengukuran Keberhasilan & Hasil (20%)

Manfaat mengikuti IMA Self-Assessment dan Awarding

  1. Mengidentifikasi kekuatan guna melanjutkan upaya untuk mencapai kesuksesan
  2. Mengidentifikasi langkah-langkah kedepan untuk mendorong keberlanjutan performa inovasi
  3. Mengidentifikasi langkah selanjutnya yang paling penting berdasarkan konteks dan strategi
  4. Meningkatkan penyebaran pemahaman dan penggunaan IMA sebagai Rangka Kerja Inovasi Unggul
  5. Diakui sebagai organisasi yang berkomitmen pada Inovasi Unggul dan Branding yang baik

Quality Leadership Award (QLA). Penghargaan ini diberikan kepada para Pimpinan Perusahaan/ Organisasi yang berhasil membawa Perusahaan/organisasinya menjadi unggul di bidangnya.  Penerima penghargaan diharapkan mengisi formulir QLA untuk dievaluasi oleh tim penilai. Pada saat

Quality Practitioner Award (QPA). Penghargaan ini diberikan kepada para Praktisi Mutu dan Produktivitas, seperti Manajer Mutu, Perwakilan Manajemen pada Sistem Mutu, Auditor, Konsultan dan para aktivis mutu lainnya yang telah berkarya dalam membangun budaya mutu dan produktivitas yang unggul. Calon penerima penghargaan diharapkan mengisi formulir QPA untuk dievaluasi oleh tim penilai. Pada saat acara IQEF tim penilai juga akan melakukan klarifikasi melalui sesi wawancara atau presentasi.

Facilitator Quality Excellence Activity. Penghargaan ini diberikan kepada para Facilitator Quality Excellence Activity (QEA) yang telah banyak menggerakkan aktivitas mutu melalui tim inovasi maupun inovator pribadi, sehingga memberikan kontribusi penting terhadap prestasi pada bidang maupun organisasinya secara luas. Calon penerima penghargaan diharapkan mengisi formulir QFA untuk dievaluasi oleh tim penilai. Pada saat acara IQEF tim penilai juga akan melakukan klarifikasi melalui sesi presentasi.

Team Leader Quality Excellence Activity. Penghargaan ini diberikan kepada para Team Leader Quality Excellence Activity (QEA) yang telah banyak memimpin dan terlibat secara penuh pada aktivitas tim inovasi sehingga dapat meningkatkan motivasi dan kerjasama dalam tim untuk menghasilkan karya-karya unggulan. Calon penerima penghargaan diharapkan mengisi formulir TLA untuk dievaluasi oleh tim penilai. Pada saat acara IQEF tim penilai juga akan melakukan klarifikasi melalui sesi presentasi.

Berdiskusi memperjelas program aksi.

Suradi  (Ketua Umum DPP AMMPI)  saat ini mendapat kesempatan sebagai moderator dalam acara diskusi memulai dengan menyapa dan mengajak seluruh peserta ketika berucap semangat pagi merespon dengan serentak pagi, pagi, pagi.  Selain itu diselingi pantun pembuka Buah durian buah papaya. Materi sosialisasi telah disajikan, saatnya peserta bertanya.  

Sebanyak 4 orang penanya mewakili para peserta yang direspon oleh para narasumber : Sih Anggoro, Reyza, Budihartono, Sunarso dan Damayanti. Adapun pointers hasil diskusi dan tanya jawab antara lain bahwa IQEF 2024 ini mewadahi beberapa success story sehingga dari sisi content aktivitasnya adalah sudah dilaksanakan. Adapun persyaratan pendaftaran per penghargaan telah diatur sesuai dengan bidangnya dan tidak ada pembatasan waktunya serta yang dinilai cara pengelolaannya meski di lapangan ritmenya relatif sama.  Tidak ada agenda site visit kecuali IPEA ada On Desk Assessment (ODA) dan On Site Assessment (OSA). Penekanannya adalah pada saat presentasi kisah suksesnya sehingga perlu didukung dengan evident atau bukti objektif yang memadai.  Tema yang disesuaikan adalah tema acara IQEF secara keseluruhan sedangkan tema tata kelola kandidat penerima penghargaan fleksibel sesuai kondisi aktual yang menjadi pengalamannya. Manfaat mengikuti IQEF ini bisa meningkatkan reputasi peserta baik secara kelembagaan maupun personal. Tidak ada kuota jumlah peserta dan jumlah penghargaannya sehingga semakin banyak semakin baik. 

Kesimpulan.

Di penghujung acara diskusi dan tanya jawab ini moderator menyimpulkan dengan formula 3C. Pertama customer solution bahwa dalam kesempatan ini telah disampaikan materi IQEF 2024 dengan mengutamakan untuk memberikan solusi atas perkembangan dunia tata kelola mutu para figur dengan kisah suksesnya atau perusahaan atau organisasi. Kedua convenience channel bahwa acara ini bukan ending poin tetapi sebagai starting poin sehingga dibuka kesempatan berdiskusi lanjutan dengan para contact person IQEF 2024. Ketiga communication sehingga ada take & give antara peserta dengan penyelenggara. Silahkan bergabung kembali pada acara sosialisasi IPEA 2024 yang diselenggarakan secara online pada 24 Mei 2024. Sebagai informasi dan tanggal penting untuk dicatat bahwa  31 Juli 2024 pendaftaran IPEA dan IMA 2024. 15 Juli 2025 pendaftaran dan pengumpulan persyaratan QLA, QPA, QFA dan TLA 2024.  31 Juli 2024 pendaftaran peserta IQEF sebagai peninjau dan lainnya. Sebagai akhir diskusi ditutup pantun : Bila tuan ke Bandung, pake mobil pribadi. Mari kita saling mendukung, sukseskan IQEF 2024 ini.

Era saat ini sebagian besar orang menyebutnya era VUCA yaitu era yang penuh dengan gejolak, ketidakpastian tinggi, permasalahan yang semakin komplek dan ketidakjelasan informasi mana yang benar dan mana yang hoax sehingga menuntut para pembuat dan pelaku sejarah adaptif terhadap perubahan lingkungan yang terjadi.
Era saat ini sebagian besar orang menyebutnya era VUCA yaitu era yang penuh dengan gejolak, ketidakpastian tinggi, permasalahan yang semakin komplek dan ketidakjelasan informasi mana yang benar dan mana yang hoax sehingga menuntut para pembuat dan pelaku sejarah adaptif terhadap perubahan lingkungan yang terjadi.
Era saat ini sebagian besar orang menyebutnya era VUCA yaitu era yang penuh dengan gejolak, ketidakpastian tinggi, permasalahan yang semakin komplek dan ketidakjelasan informasi mana yang benar dan mana yang hoax sehingga menuntut para pembuat dan pelaku sejarah adaptif terhadap perubahan lingkungan yang terjadi.
Era saat ini sebagian besar orang menyebutnya era VUCA yaitu era yang penuh dengan gejolak, ketidakpastian tinggi, permasalahan yang semakin komplek dan ketidakjelasan informasi mana yang benar dan mana yang hoax sehingga menuntut para pembuat dan pelaku sejarah adaptif terhadap perubahan lingkungan yang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Berita

Daftarkan dirimu agar mendapat info, ataupun berita terkini kami