Geliat AMMPI Kontribusi untuk Negeri : Kesempatan berharga menerima kunjungan langka Shanghai Association for Quality (SAQ)

Gayung bersambut pertemuanpun berlanjut. Pada Senin, 20 Mei 2024 bertempat di Jakarta Design Center (JDC) menjadi tempat pertemuan dan saksi sejarah atas kunjungan delegasi Shanghai Association for Quality (SAQ) ke Indonesia Quality & Productivity Management Association (IQPMA) – Asosiasi Manajemen Mutu dan Produktivitas Indonesia (AMMPI). Hadir pada acara ini dari IQPMA : Budihartono selaku Dewan Pembina DPP AMMPI, Suradi selaku Ketua Umum, Damayanti Kabid Hubungan Luar Negeri, Reyza sekretaris dan Vina staf sekretariat. Sedangkan delegasi SAQ  hadir 4 orang :  Yu Guangyao – President of the 3th CPPCC National Committee Academician of IAQ Professor of Engineering, Xu Junjie – Deputy Secretary General of Shanghai Association for Quality dan 2 orang anggota tim.

Dari tantangan menjadi peluang. Dalam kesempatan yang berharga dan langka ini berjalannya rangkaian acara kunjungan ini dipandu oleh pembawa acara Vina staf sekretariat AMMPI  bertempat di sebuah ruangan pertemuan Business Room di Jakarta Design Center (JDC).  President of IQPMA (Suradi) menyampaikan welcome speech diawali dengan rasa syukur dan senang sekali bisa bertemu kembali setelah pertemuan di AQPO IC 16-18 November 2023 di Kathmandu Nepal pada saat Core Council Meeting dan kunjungan State Administration for Market Regulation (SAMR) pada 12 Desember 2023 di Jakarta. Apalagi waktu pertemuan ini diselenggarakan di hari istimewa karena kedatangan tamu dari SAQ, 20 Mei merupakan  Hari Kebangkitan Nasional dan memakai dresscode baju batik yang menjadi ciri khas Indonesia yang mendunia.

Lebih lanjut Suradi menegaskan bahwa pertemuan ini menjadi momentum yang penting dan strategis sebagai upaya membangun ekosistem mutu dan produktivitas antar negara dan menciptakan iklim yang kondusif yang bersimbiosis mutualistik strategik yang tumbuh dan berkelanjutan. Dalam kesempatan ini dipresentasikan tentang geliat IQPMA  meliputi profil organisasi, networking dan aktivitasnya secara detil.

Harapannya dari pertemuan ini dapat meningkatkan hubungan kerja sama kita untuk meningkatkan mutu dan produktivitas serta daya saing yang tumbuh secara berkelanjutan. Terimakasih atas kepercayaan delegasi SAQ  mengunjungi  IQPMA di Jakarta ini. Selamat menikmati hari-hari yang membahagiakan di Indonesia antara lain di Jakarta ibu kota Republik Indonesia dan selamat melanjutkan perjalanan ke Bandung dengan sarana transportasi kereta api cepat.

Semakin dekat dengan geliat IQPMA. Semakin dekat dengan geliat IQPMA yang diperkenalkan oleh Reyza selaku sekretaris  antara lain IQMPA Profile yang menjadi critical point bahwa IQPMA yang didirikan sejak 20 Mei 2008 di Jakarta telah menjadi Core Member of Core Council APQO sejak 2020.  IQPMA’s networking : hingga saat ini IQPMA telah dan terus membangun networking baik di kancah nasional maupun di tingkat internasional dengan membangun ekosistem mutu dan produktivitas. IQPMA activities : tidak diragukan lagi kiprah dan karya IQPMA baik di kancah nasional kerja kolaboratifnya dengan WKM  menyelenggarakan TKMPN yang pada tahun 2023 ini memecahkan rekor dengan jumlah peserta terbanyak  maupun di tingkat global dengan menyelenggarakan IQPC 2023 di Kuala Lumpur, ICQCC di Beijing dan APQO IC  di Nepal yang di dalamnya ada kegiatan GPEA 2023, penghargaan internasional lainnya dan kompetisi ACE Team antar negara.  Sedangkan untuk tahun 2024 agenda nasionalnya meliputi IPEA,  IQEF di Bandung dan TKMPN di Bali. Agenda internasional 2024 mencakup preparasi kepesertaan GPEA, IQPC di Manila, APQO IC di Mexico dan ICQCC di Sri Lanka.

Big challenge Big opportunity.  Seusai presentasi kiprah dan karya IQPMA maka acara dilanjutkan dengan acara diskusi kedua belah pihak dengan suasana fun & happy meski melalui prosesi translater terutama pihak SAQ. Dari hasil diskusi tersebut mentransformasikan tantangan menjadi peluang para  pihak sebagai berikut :

  1. Tim SAQ merasa terdapat peluang kerja sama yang terlewatkan sebelumnya, terutama pada bidang transformasi digital dan industri 4.0
  2. Tim SAQ ingin pihak IQPMA memberikan dukungan terhadap project Whoosh atau kereta cepat Jakarta – Bandung karena dinilai sebagai project yang penting dan strategis.
  3. Tim SAQ mengatakan bahwa terdapat potensial untuk kerja sama antara lain : Peningkatan kualitas yang mencakup industri, logistik, dan pelayanan umum, pembangunan infrastruktur, seperti proyek kereta api cepat, peningkatan kepuasan pelanggan melalui inisiatif bersama dan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui program pelatihan dan pendidikan.
  4. Tim SAQ mengusulkan dapat bekerja sama di bidang sumber daya manusia karena Indonesia dinilai sebagai perusahaan yang aktif.
  5. Tim SAQ mengundang tim IQPMA untuk dapat menghadiri konferensi inovasi  dan perdagangan internasional yang akan diadakan di Shanghai pada akhir tahun 2024.
  6. Tim SAQ merasa penting dan strategis untuk memperkuat komunikasi antara SAQ dengan IQPMA setelah pandemi.
  7. Tim SAQ dan tim IQPMA akan saling memberikan jadwal kegiatan internasional sehingga dapat mengetahui jadwal kegiatan internasional tersebut satu sama lain : benchmark  delegasi Indonesia ke China dan delegasi China ke Indonesia, keikutsertaan tim Indonesia di event SAQ dan keikutsertaan tim China di event IQPMA. 
  8. Tim SAQ tertarik dengan penyelenggaraan IQPC dan siap menjadi host untuk tahun-tahun berikutnya.

Dari hasil kunjungan ini minimal menjadi insight dan inspiration untuk memotivasi peluang kerja sama ke depan para pihak yang tentu saja kesempatan ini bukan permulaan namun telah dan terus berproses bekerjasama dan bekerja kolaboratif secara berkelanjutan ke depan sebagai aktualisasi kolaborasi pejuang mutu antar negara.

Indah nian bunga melati, warnanya sungguh memikat hati.

AMMPI Kontribusi untuk Negeri, AMMPI semangat berkolaborasi.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Berita

Daftarkan dirimu agar mendapat info, ataupun berita terkini kami