Asesmen IPEA 2024 PLN Nusa Daya : Bertransformasi Bisnis dan Inovasi

Penulis : Suradi-AMMPI

Rebranding. Bertempat di Gedung PT. PLN Nusa Daya yang berlokasi di Balikpapan tepatnya Selasa, 17 September 2024 diselenggarakan acara strategis karena pada saat tersebut diadakan opening meeting asesmen Indonesia Performance Excellence Award (IPEA) 2024 PT. PLN Nusa Daya secara offline dan online. Sejak 27 Oktober 2023 PLN Nusa Daya bertransformasi antara lain nama sebelumnya PLN Tarakan menjadi PLN Nusa Daya dengan lingkup pelayanan tidak hanya di Balikpapan namun hingga Indonesia Kawasan Tengah dan Kawasan Timur.  

Acara ini dihadiri secara langsung oleh Direktur Operasi  (Reny Wahyu S.) sekaligus mewakili Direktur Utama PT PLN Nusa Daya. Hadir juga   Direktur  Keuangan, Human Capital dan Manajemen Risiko (Zulhendri), para Senior Leader (VP Perencanaan, VP Operasi, VP Keuangan, VP Manajemen Human Capital, Sekper dan KSPI), para Champion Team yang selama ini berkiprah dan berkarya menerapkan Business Excellence Framework (BEF) PLN Nusa Daya sekaligus sebagai pejuang kinerja ekselen. Dari AMMPI hadir secara online  Ketua Umum DPP AMMPI (Suradi), Damayanti dan Reyza dan para asesor IPEA terdiri dari Quality Assurance (Abdul Halim), Lead Assessor (Bambang Mulyawan), Member Assessor : Widarto, Dody Drajat dan Ma’ruf Heru Mulyanto

Safety Induction dan Penguatan Patriotisme. Acara dimulai dengan penayangan short video safety induction dilanjutkan penguatan jiwa nasionalisme dan patriotisme dengan manyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars PLN Nusa Daya  kemudian doa bersama untuk kesuksesan dan keberkahan rangkaian acara asesmen IPEA 2024 PLN Nusa Daya ini.

Executive Summary.  Direktut Operasi atas nama Direktur Utama PLN Nusa Daya  menyampaikan sambutan dengan diawali ungkapan rasa syukur dan ucapan terimakasih atas kehadiran Quality Assurance, para Asesor  IPEA 2024 PT. PLN Nusa Daya di Balikpapan ini, Ketua AMMPI dan tim  serta seluruh peserta opening meeting asesmen IPEA 2024 yang hadir  baik yang mengikuti secara offline maupun online.

Sampai dengan tahun 2023 PLN Nusa Daya mengelola 248 kontrak layanan ketenagalistrikan (naik 18% YoY) dengan pelaksanaan program transformasi, perusahaan berhasil mencapai lompatan baru dalam roadmap bisnis menuju Visi 2024 baik pada aspek finansial maupun aspek pelanggan, kaualitas layanan dan KPI.

Realisasi nilai kinerja organisasi sampai dengan Desember 2023 sebesar 101,36% dengan jumlah total indikator  sebanyak 23 indikator (20 indikator kinerja pencapaiannya di atas 100%).

PLN Nusa Daya memiliki Visi dan Misi 2024-2028 serta tujuan strategis yang mencakup 4 aspirasi utama (4E) : Efficient Process, Excellent Performance, Elegant Atmosphere dan Establishing High Trust. Penjabaran tujuan strategis menjadi SO yang dikelompokkan menggunakan pendekatan BSC. PLN Nusa Daya berperan aktif dalam mendukung visi PLN dengan menjalankan transformasi 2.0 melalui 20 moonshot (Growth, Digital, NZE dan Launchpad)  dalam RJP 2024-2028.

Ucapan selamat dan sukses. Suradi selaku Ketua Umum DPP AMMPI dalam kesempatan yang berharga ini menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada Direktur Utama,  jajaran BoD, para Senior Leader, Champion Team dan seluruh jajaran PLN Nusa Daya yang bertransformasi bisnis, berinovasi dan menerima berbagai  penghargaan serta  menerapkan sistem kinerja ekselen dengan menyusun Dokumen Aplikasi (DA) untuk mengikuti IPEA 2024. Sangatlah tepat dan beralasan PLN Nusa Daya mengikuti IPEA 2024 karena mendapat kesempatan berharga untuk dipotret dari perspektif  Baldrige Excellence Framework (BEF) dan menjadi bridging untuk mengikuti ajang internasional Global Performance Excellence Award (GPEA) yang diselenggarakan oleh Asia Pacific Quality Organization (APQO).

Selain itu Suradi juga mengatakan bahwa sebelumnya Tim Asesor AMMPI telah melakukan asesmen IPEA 2024 ke PT. Pelayaran Bahtera Adhiguna pada 12-16 Agustus 2024, PT. PLN Energi Primer Indonesia pada 26- 30 Agustus 2024 dan PT. Paguntaka Cahaya Nusantara pada 9-13 September 2024.

Pertemuan ini menjadi momentum yang penting dan strategis sebagai upaya membangun ekosistem mutu dan produktivitas serta menciptakan iklim yang kondusif bersimbiosis mutualistik strategik  tumbuh dan berkelanjutan.

Terimakasih atas kepercayaan dan kesempatan PLN Nusa Daya  kepada AMMPI untuk melaksanakan asesmen IPEA 2024 ini. Selamat bekerja dan bekerjasama dalam asesmen IPEA 2024 PLN Nusa Daya. Sampai jumpa di acara penyerahan penghargaan IPEA 2024 di ajang IQEF 2024 yang akan diselenggarakan di Bandung pada 22-24 Oktober 2024. A …ku. ja … Go.  Kemudian Suradi menutupnya dengan pesan moral berupa pantun berikut ini.

Bila tuan ke Balikpapan, jangan lupa singgah ke PLN Nusa Daya.

Mari kita rajut kebersamaan, semoga PLN Nusa Daya makin jaya.  

From ODA to OSA. Bambang Mulyawan selaku Lead Assessor IPEA 2024 PLN Nusa Daya menyampaikan materi presentasi yang berisi antara lain yang menjadi dasar penugasan asesor IPEA 2024 di PLN Nusa Daya, susunan Tim Asesor,  Jadwal asesmen dan High Level Question & Wawancara.

Di acara opening meeting diagendakan High Level Question dan kemudian dilanjutkan dengan wawancara Business Process Owner kategori 1 s,d 6. Diagendakan juga pada hari-hari berikutnya adalah On Site Assessment (OSA) di beberapa lokasi unit pelaksana. Adapun acara closing meeting diagendakan pada Jumat, 20 September 2024.

Repro Integration Method. Usai pemaparan Lead Assessor dilanjutkan presentasi Quality Assurance oleh Abdul Halim yang memperkenalkan kembali metode baru tentang repro integration method. Terdapat 6 kerangka yang menjadi outline. Dimulai dengan Baldrige & RePro Integration Method kemudian dilanjutkan Main Issues Result PLN Nuda Daya, Rootcause analysis result & process, Relationship CI BEF dengan Main Issues PLN Nusa Daya, Maturity Results PLN Nusa Daya dan diakhiri dengan Conclusion.

Secara umum dapat disimpulkan bahwa asesmen IPEA 2024 PLN Nusa Daya menggunakan BEF 2023-2024 dan RePrp Integration Method. Main Issues PLN Nusa Daya pada fase Ondesk sebanyak 86 issues results dan 15 issues process. Main Issues Process terdapat beberapa item antara lain mulai Governance hingga Safety. PLN Nusa Daya melaporkan kinerja sebanyak 394 data dengan level Good 60,21%. Tim Asesor IPEA akan menggali lebih lanjut Main Issues dan hal-hal lainnya selama 3 hari ke depan setelah opening meeting ini.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *