RAKERNAS : Media Cerdas Peningkatan Mutu dan Produktivitas

Penulis : Suradi – AMMPI

Antara Compliance dan Agility. Ada sebuah pendekatan yang mendasari penyelenggaraan RAKERNAS AMMPI 2022 ini adalah pemenuhan terhadap aspek legal sesuai yang tersurat dan tersirat dalam AD/ART organisasi AMMPI dan menjadi program tahunan AMMPI dalam berkiprah dan berkarya nyata menuai untuk menuai prestasi kinerja.

Dalam proses, perjalanan dan perjuangan panjang AMMPI menuntut agility baik secara personal oleh diri para pengurusnya maupun secara  komunal kelembagaan melalui organisasi AMMPI dalam menghadapi tantangan (challenges) dan memanfaatkan peluang (opportunities) untuk hari esok yang lebih baik dan lebih baik lagi.

Kiprah dan Karya Nyata AMMPI. Dalam RAKERNAS ini terdapat 5 bidang ditambah dengan fungsi kesekretariatan dan kebendaharaan DPP AMMPI yang memaparkan unjuk kerja dan usulan yang diharapkan. Tujuh pemateri utama ini telah melakukan konsolidasi internal per bidang masing-masing untuk merumuskan dan menyusun Program Kerja dan Capaian selama 2  tahun terakhir ini (2021-2022) dan usulan Kongres IV 2022.  Ke tujuh pemateri tersebut diawali oleh Bidang Hubung Luar Negeri kemudian dilanjutkan ke presenter berikutnya Bidang Penelitian & Pengembangan, Bidang Pengembangan Profesi & Sertifikasi, Bidang Dalam Negeri & Kemasyarakatan, Bidang Pengembangan Organisasi, Kesekretariatan dan Kebendaharaan.

Sedangkan untuk usulan Kongres IV 2022 secara umum memberikan angin segar, warna baru dan semangat terbarukan dengan munculnya beberapa usulan berupa konsep, desain organisas, metodologi dan portofolio   baru untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkannya sebagai peluang.

RAKERNAS AMMPI yang digelar pada  Sabtu, 23 Juli 2022 kalau kita kilas balik maka DPP AMMPI 2019-2022 telah memutar siklus PDCA selama  3 tahun kurang 1 bulan 3 hari  sejak kongres III AMMPI 2019 yang diselenggaraka pada tanggal 27 Agustus 2019.  Masih segar di ingatan kita bahwa 3 hari sejak penyelenggaraan Kongres III 2019 langsung gaspol dengan menelorkan rekomendasi ke pemerintah RI dan dilanjutkan berkolaborasi membangun ekosistem mutualistik dengan Lembaga Produktivitas Nasional (LPN) pada 12 September 2019 turut berkontribusi dalam Gerakan Nasional Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing (GN P2DS).

Meski setelah RAKERNAS pada 29 Februari 2020 kemudian dilanda pandemi Covid-19 baik di tingkat lokal, regional dan nasional bahkan tingkat global  namun banyak dan beragam kiprah dan karya nyata yang telah dan terus kita dedikasikan dan kontribusikan untuk negeri dan  menjadi value creation antara lain :

  1. Peran bidang penelitian dan pengembangan dalam menggoalkan program GPEA yang diikuti oleh beberapa aplikan perusahaan di Indonesia dan program IPEA yang merupakan program baru pada tahun ini dan langsung ada 2 institusi yang mengikuti IPEA yaitu dunia akademisi (BINUS) dan perusahaan (anak perusahaan BUMN). Beberapa program training baru  antara lain Global Assessor Course (GAC).
  2. Peran bidang pengembangan profesi dan sertifikasi untuk membangun ekosistem mutualistik dengan asosiasi yang berafiliasi terhadap produktivitas antara lain APPRODI dan sejenisnya.
  3. Peran bidang hubungan dalam negeri dan kemasyarakatan menyelenggarakan benchmark atau studi banding dalam negeri antara lain ke  PT. Toyota Manufacturing Indonesia dan merintis kolaborasi dengan Toyota Academy untuk menyelenggarakan webinar (ALIF dan lainnya) serta peluang berkolaborasi dengan BLK dan sejenisnya.
  4. Peran bidang hubungan luar negeri yg tetap mempertahankan peserta GPEA dan mencari aplikan baru GPEA, benchmark tingkat internasional dengan pihak luar negeri  serta keikutsertaan beberapa perusahaan  dalam event inovasi internasional.
  5. Peran bidang pengembangan organisasi yang terus berusaha mempertahankan anggota yang ada  dan mencari anggota baru (beberapa orang secara personal maupun komunanl berminat  bergabung menjadi anggota baru di AMMPI).

Ke depan sinergitas antar bidang semakin kita perkuat dan memperjelas TUPOKSI yang dirumuskan dalam proses lateral antara lain IPEA, penyelenggaraan webinar (ALIF dan lainnya)  oleh Bidang Hubungan Dalam Negeri & Kemasyarakatan. Selain kiprah dan karya nyata melalui pendekatan struktural dan formal organisasi AMMPI maka ada terobosan baru dan kepedulian pejuang AMMPI yang langsung dilakukan oleh Ketua Umum DPP AMMPI dengan menyelenggarakan program EMAS yaitu Edukasi Mutu Awal Santri ke beberapa pesantren di Serpong dan sekitarnya bahkan mendapatkan support dari WKM untuk pemberian hadiah kepada santri aktif atau berprestasi.

Adaptif dan Perbaikan Bekelanjutan. Dengan semakin berkembang dan perubahan lingkungan yang terjadi serta tuntutan para pemangku kepentingan yang semakin dinamis dan sophiscated menjadi challenge (tantangan) AMMPI sehingga wajib hukumnya untuk menyikapi dan mensolusikannya sebagai big opportunity bagi pejuang AMMPI yang tetap komitmen dan konsisten untuk mendedikasikan diri sebagai pejuang mutu dan produktivitas.

Beberapa konsep, design  thinking dan new portfolio & methodology telah digagas, diisiasi dan dipresentasikan pada saat RAKERNAS. Untuk lebih fokus pembahasannya maka menjadi embrio untuk diangkat dalam Focus Group Discussion (FGD) dalam sesi khusus Kongres IV 2022 dan mulai dikomunikasikan juga melalui media sosial dan media digital AMMPI. Terus semangat dan semangat terus …. Itulah komitmen pejuang AMMPI berkontribusi untuk negeri.

Terus semangat menyongsong Kongres ke Empat.

Harapan kita  dengan RAKERNAS  ini sebagai media konsolidasi intern dan antar bidang dalam memperkuat soliditas, solidaritas dan sinergitas AMMPI untuk menjaga dan meningkatkan  positive sustainability growth. Selain itu RAKERNAS ini juga sebagai bridging menuju susksesnya Kongres IV AMMPI 2022.

Sukses gelaran RAKERNAS menjadi salah satu indikator keberhasilan dalam memotret performansi dan membangun proses lateral secara holistic view dan terintegrasi secara terstruktur, terukur dan tertelusur. Banyak potensi dan talenta yang menjadi diamond yang masih terpendam mulai dari komitmen, konsistensi dan kompetensi para pejuang mutu dan produktivitas sejati. Mari kita aktualisasikan dalam tataran program aksi dan operasional di lapangan sebagai upaya untuk memberikan Customer solustion melalui Communication dengan memanfaatkan media sosial dan media digital serta memberikan Convinient channel yang bisa mempermudah dan mempercepat akses dan respon atas dinamika pemikiran atau gagasan para talenta dan the next generation AMMPI. 

Anak ayam turun sepuluh, mati satu tinggal Sembilan.

Setelah RAKERNAS songsong KONGRES secara utuh dengan semangat kebersamaan.

Bila hari ini hari Sabtu maka kemarin hari Jumat

Potensi AMMPI yuk bersatu padu, raih prestasi penuh semangat

Selamat bekerja dan bekerja sama setelah mengikuti RAKERNAS menyongsong Kongres IV. Teriring doa semoga Allah mudahkan dan berkahi segala urusan kita. Aamiin