INTERNATIONAL QUALITY ON QUALITY CONTROL CIRCLE 2018 SINGAPORE – REPORT

Indonesia Raih Star Award ICQCC 2018

Singapore, 25.10.18. Indonesia Quality and Productivity Management Association (IQPMA) atau di tanah air lebih dikenal dengan AMMPI bekerjasama dengan PT. Wahana Kendali Mutu (WKM) memberangkatkan 14 perusahaan nasional untuk mengikuti kompetisi International Convention on Quality Control Circle (ICQCC) 2018 di Singapore sejak 22 hingga 25 Oktober 2018.

Organisasi penggerak mutu dan produktivitas ini sejak 27 Desember 2010 terdaftar sebagai Core Council Member – Asia Pacific Quality Organization (APQO) yang pada gelaran berskala global kali ini didukung oleh Direktorat Produktivitas Kemnaker RI dan Lembaga Produktivitas Nasional (LPN) di bawah arahan langsung Presiden RI.

Zuhri Bahri, Direktur Produktivitas Kemnaker RI menyatakan bahwa dukungan ini dimaksudkan untuk mendorong spirit sumber daya manusia Indonesia agar terus mengembangkan kreativitas dan inovasi berskala global sesuai program Nawa Cita – Pemerintah dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 dewasa ini dan di masa depan.

Dari sebanyak 53 Tim Delegasi Indonesia ke ICQCC 2018, IQPMA mengirim 32 Tim dari 14 perusahaan nasional. PMMI mengirim 9 Tim dan Pertamina mengirim 12 Tim.

ICQCC kali ini diikuti oleh 14 negara, meliputi Bangladesh, China, Filipina, India, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Mauritius, Singapore, Srilangka, Thailand dan Zambia.

Tak kurang dari 2.027 orang menghadiri ajang quality circle tahunan ini di Pulau Sentosa – Singapore yang pada tahun depan akan diselenggarakan di Tokyo, Jepang.

Hasil pencapaian peringkat prestasi tim IQPMA adalah 2 tim meraih Silver dan 30 tim meraih Gold, dan hal yang lebih membanggakan lagi adalah bahwa delegasi Indonesia juga berhasil meraih penghargaan Star Award yang dipersembahkan oleh Tim Budrex dari PT. Pakoakuina Triputra.

Sementara itu, Tim Smelting dari PT Aneka Tambang meraih penghargaan The Best in Country Award.

ICQCC kali ini juga menganugerahkan klasifikasi penghargaan baru, yaitu The Most Innovation Solution yang diraih oleh tim dari China.
The Most Productive Solution direbut oleh tim dari Malaysia, dan tim dari Korea mendapatkan penghargaan The Most Impacty Solution.

Penghargaan ICQCC paling bergengsi kali ini adalah The Best Tim in ICQCC 2018 yang diraih oleh tim dari India.

Demikian laporan dari ajang ICQCC 2018 Singapore, semoga kiprah ini dapat terus menggelorakan semangat meningkatkan inovasi, kreativitas, mutu dan produktivitas Bangsa Indonesia di segala bidang… di segala strata..

Bravo Indonesia..!

Sampai jumpa di ICQCC Tokyo… dan pada bulan depan kita jumpa di Temu Karya Mutu dan Produktivitas XXII di Batam pada tanggal 27 hingga 30 November 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>