Kunjungan Perusahaan GPEA 2022 dan Promo Event 2023

Penulis : Suradi, SE, MM-AMMPI

Bersejarah dan monumental. Bertempat di Gedung utama PT. Pupuk Sriwijaya disingkat PUSRI Palembang tepatnya Senin, 6 Februari 2023 diselenggarakan acara bersejarah dan monumental. Karena pada saat tersebut diadakan audiensi antara AMMPI-WKM dengan PUSRI Palembang dengan agenda utama penyerahan penghargaan GPEA 2022 dan ACE Team pada acara APQO IC 2022 serta promo event 2023.  Hadir SVP SDM (Yusman Arullah) yang mewakili BoD PUSRI dan para Senior Leader yang terdiri dari SVP dan VP atau yang mewakili serta Champion Team yang selama ini berkiprah dan berkarya menerapkan Business Excellence Framework (BEF) PUSRI.

Good news dan success story. Acara dimulai dengan penayangan short video safety briefing kemudian dilanjutkan kata sambutan  SVP SDM dengan menyampaikan good news dan success story bahwa pencapaian kinerja PUSRI 2022 adalah kinerja yang tertinggi selama ini dengan menciptakan berbagai nilai tambah bagi para konsumen PUSRI melalui berbagai inovasi baik secara individu maupun kelompok yang diaktualisasikan dengan mengikuti ajang kompetisi inovasi di internal PUSRI, di holding company Pupuk Indonesia, di tingkat nasional (ICC OSH dan TKMPN) dan event internasional. Beragam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang berwawasan green productivity dan masyarakat di sekitarnya juga digulirkan. Untuk memberikan holistic view PUSRI maka ditayangkan juga short video Company Profile PUSRI.

Komitmen dan konsisten, Kita sadari bahwa PUSRI sebagai perusahaan BUMN di negeri ini yang memiliki komitmen dan konsistensi tinggi terhadap penerapan Business Excellence Framework baik di tingkat nasional maupun tingkal internasional. Beberapa value creation dan success story yang telah diukir PUSRI pada tahun 2022 antara lain keikutsertaan dalam event nasional seperti  IQPC di Bali, TKMPN di Lombok NTB, ICC OSH di Bandung dan event internasional APQO IC ACE dan GPEA.  Khusus keikutsertaan PUSRI dalam GPEA 2022 mendapatkan prestasi dan meraih penghargaan World Class.

Keberhasilan dan prestasi meraih GPEA 2022 kategori World Class tentu saja saja melalui proses, perjalanan dan perjuangan panjang mulai dari pendaftaran ke APQO, menyiapkan Dokumen Aplikasi, FBR dari NQA kemudian review dan revisi Dokumen Aplikasi PUSRI yang didukung oleh BoD, para Senior Leader dan Champion Team  yang  bekerjasama dan bekerja kolaboratif  secara komprehensif dan  integratif serta extra ordinary sehingga menghasilkan karya monumental ini.

Ucapan selamat dan sukses. Suradi selaku Ketua Umum DPP AMMPI dalam kesempatan yang berharga tersebut menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada jajaran BoD, para Senior Leader, Champion Team dan seluruh jajaran PUSRI atas prestasi GPEA 2022 dengan predikat World Class dan prestasi di bidang inovasi baik di event nasional maupun internasional.

Menapaki 2023 dengan big challenge dan big opportunity harapannya adalah  prestasi GPEA 2022 World Class ini tetap dan terus  mencermati performance achievement, mengevaluasinya menindaklanjutinya, memantapkan competitive advantage  yang akan mewarnai PUSRI  dengan semangat yang terbarukan.

Lebih jauh AMMPI mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas kepercayaaan yang diberikan PUSRI untuk  bersama-sama memberikan yang terbaik bagi perusahaan, organisasi dan bangsa Indonesia. Semoga kerjasama dan kerja kolaboratif ini dapat dilanjutkan dan ditingkatkan lagi membangun ekosistem mutu dan produktitivitas bersimbiosis mutualistik sinergik.

Indah nian kota Palembang, Pupuk Sriwijaya turut membangunnya.

Mari kita terus berjuang, untuk kejayaan perusahaan dan bangsa.

Promo event 2023. Acaranyapun semakin menarik dan tertantang ketika Damayanti yang juga selaku VP Finance APQO, Ketua Bidang Luar Negeri AMMPI dan manajemen WKM mempromosikan event 2023 baik nasional maupun internasional. Dengan penuh antusias diperkenalkan kembali  event nasional 2023 yaitu program Indonesian Conference & Competition Occupational Safety & Health (ICC OSH) 2023 yang pada tahun ini merupakan ICC OSH yang ke 3 yang akan diselenggarakan pada 23 s.d. 26 Mei 2023 di Malang.  Adapun agenda ICC OSH 2023 meliputi diskusi panel K3L, Forum Manajemen K3L, Forum Kompetisi K3L. Kuis Penerapan Norma K3L dan Pameran K3L. Dari tahun ke tahun terus dilakukan perbaikan antara lain kriteria penilaian ICC OSH 2023 dengan 4 item penilaian yang lebih adaptif dan komprehensif terdiri dari aspek manajemen (komitmen pimpinan, pengembangan tim), proses (Plan, Do, Check, Action), hasil (risk, HSE dan others) dan publikasi (makalah dan presentasi) dengan total skor 100. Selain itu event nasional lainnya adalah TKMPN 2023 yang akan diselenggarakan di Yogyakarta  pad akhir November 2023.

Untuk event internasional antara lain informasi APQO IC  yang akan diselenggarakan pada 21-23 November 2023 di Kathmandu Nepal dengan agenda Best Practice Sharing Session, ACE Tea, Competition, APQO International Individual Award, APQO Innovation Class, APQO International Best Practice dan GPEA. Selain itu ada event International Quality & Productivity Convention (IQPC) 2023 di Kuala Lumpur Malaysia pada 4-7 September 2023, International Covention On Quality Control Circles (ICQCC) 2023 di Beijing pada Oktober 2023 dan European Congres of Quality 2023 di Portugal pada 9-10 November 2023.    

Setelah presentasi event nasional dan internasional 2023 acara dilanjutkan dengan diskusi interaktif. Secara umum hasil diskusinya adalah PUSRI welcome terhadap event nasional dan internasional untuk diteruskan dan mendapatkan persetujuan BoD. PUSRI juga siap untuk go international termasuk GPEA 2023. Tiap event baik nasional maupun internasional memiliki tema masing-masing dan untuk kriteria penilaian TKMPN 2023  masih tetap.  Untuk kriteria penilaian ICC OSH 2023 dilakukan improvement. Untuk kriteria Business Excellence Framework (BEF) melalui program Indonesia Performance Excellence Award (IPEA) menggunakan kriteria yang terkini.

Best practice dan objek benchmark K3L. Sebagai komitmen dan konsistensi dalam menerapkan budaya K3L maka bersama tim inovasi dan K3L PUSRI  melakukan patroli keliling lokasi pabrik melihat secara langsung dan walking around ke main control building PUSRI dengan memakai APD helm. PUSRI sebagai perusahaan vital negara disiplin dalam menerapkan budaya K3L. Bentuk konsistensi penerapan budaya K3L tersebut antara lain dalam rangka bulan K3 Nasional 2023 menyelenggarakan K3 Warrior dengan melakukan simulasi tanggap darurat yang dilombakan. Dari hasil patroli K3L tersebut PUSRI layak menjadi opsi company visit acara ICC OSH, best practice dan sebagai objek benchmark K3L. Oleh karenanya kota Palembang menjadi nominator tempat penyelenggaraan ICC OSH 2024. Dari infrastruktur yang mendukungnya antara lain adanya hotel Aryaduta yang memiliki kapasitas ruangan pertemuan dan kamar penginapan   yang memadai, kemudahan akses, tempat parkir dan fasilitas penunjang lainnya. K3 Unggul. Bumi Terselamatkan.