RAKERNAS AMMPI 2023 : Sinergitas Tingkatkan Mutu dan Produktivitas

Penulis : Suradi, SE, MM-AMMPI

Sinergitas Tingkatkan Mutu dan Produktivitas. Penyelenggaraan RAKERNAS AMMPI 2023 yang digelar secara online pada Jumat, 3 Februari 2023 dihadiri Dewan Pembina dan Dewan Pengurus Pusat AMMPI semakin memfokuskan pada capaian kinerja 2022 dan pemantapan program kerja 2023 sehingga mengangkat tema sentral ‚ÄúSinergitas Tingkatkan Mutu dan Produktivitas‚ÄĚ. Hal ini sangat beralasan karena sinergitas menjadi kata kunci untuk memperkuat internal capability dan memperluas jaringan dengan membangun ekosistem dan simbiosis mutualistik sinergik secara berkelanjutan. Sebagai aktualisasi dari tema tersebut ke dalam tataran operasional atau program aksi yang menjadi unggulan maka tiap bidang mempresentasikan capaian kinerja 2022 dan program kerja 2023.

Value creation & Success story. Dalam kurun waktu sekitar 5 bulan  masa bhakti DPP AMMPI 2022-2025 tepatnya sejak peneyelenggaraan Kongres IV pada 27 Agustus 2022 yang sebagian besar waktu  semakin kondusif terhadap pandemi covid-19 maka para pejuang AMMPI tetap dan terus  bersemangat menjalankan  pokok-pokok pikiran hasil Kongres IV AMMPI tersebut  dan dituangkan dalam program kerja.

Beberapa value creation dan success story yang telah terukir adalah karya bersama yang teraktualisasikan  dari 5 bidang antara lain keikutsertaan dalam APQO IC  12-14 September 2022 (ACE Team, GPEA), penyelenggaraan IQPC pada 24-27 Oktober 2022 di Bali, TKMPN XXVI – 2022 pada 21-26 November 2022 di Lombok NTB, penyerahan penghargaan  Indonesia Performance Excellence Award (IPEA) pada saat TKMPN 2022, Benchmark online jenjang profesi aktivitas inovasi  PT AHM  pada 23 Januari 2023, penambahan anggota baru AMMPI,   Sosialisasi IPEA dan GPEA, Webinar AMMPI free mulai Januari 2023 (Pembicara : Budihartono, Abdul Halim, Suradi dan Arief) dan Narasumber ALIF (Suradi), Kolaborasi dengan LPN dan Kemnaker RI.

Lebih jauh Suradi selaku Ketua Umum DPP AMMPI atau President of IQPMA mengucapkan  terimakasih dan apresiasi atas kerjasama dan kerja kolaboratif Dewan Pembina dan para Ketua Bidang dan segenap rekan-rekan DPP AMMPI yang telah merumuskan capaian kinerja 2022 dan program kerja 2023 untuk dipresentasikan dan didiskusikan dalam RAKERNAS AMMPI ini. Dalam perjalanannya sekiranya masih terdapat kekurangan yang terjadi, menjadi  peluang untuk perbaikan dan pengembangan ke depan.

Big Challengge Big Opportunity 2023. Menapaki 2023 dengan big challenge dan big opportunity harapan dengan penyelenggaraan    RAKERNAS AMMPI ini dapat  mencermati performance achievement, mengevaluasinya menindaklanjutinya, memantapkan program unggulan AMMPI yang akan mewarnai AMMPI dengan semangat yang terbarukan. Tetap dan terus menggemakan content  web AMMPI sebagai media digital yang dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun berada sebagai bagian dari penerapan  knowledge management  dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan potensi  SDM yang dimiliki AMMPI dan memberikan apresiasi kepada para kontributor web AMMPI.

Selamat bekerja dan bekerjasama kepada seluruh peserta RAKERNAS AMMPI 2023 untuk  mengikuti rangkaian kegiatan RAKERNAS AMMPI 2023  dengan membangun sinergitas tingkatkan mutu dan produktivitas. Teriring doa semoga Allah mudahkan dan berkahi segala urusan kita. Aamiin.

Diskusi dan semangat solusi. Dewan Pembina AMMPI melalui Budihartono menyemangati kepada seluruh peserta RAKERNAS AMMPI 2023 dengan spirit message antara lain tetap semangat meski RAKERNAS AMMPI 2023 ini diselenggarakan secara online, AMMPI lebih produktif dan lebih bermanfaat, Anggota dan realisasi program semakin bertambah.  Sebanyak 5  bidang DPP AMMPI yang menjadi tim tangguh AMMPI meliputi Bidang Penelitian dan Pengembangan (presenter Abdul Halim), Bidang Pengembangan Profesi dan Sertifikasi (presenter Sunarson HS), Bidang Hubungan Dalam Negeri dan Kemasyarakatan (presenter Galih), Bidang Hubungan Luar Negeri (presenter Damayanti), Bidang Pengembangan Organisasi (presenter Yohana) telah   mempresentasikan capaian kinerja 2022 dan program kerja unggulan 2023. Meski dalam waktu yang ketat dan padat namun substansi materi telah tersampaikan. Acaranyapun semakin menarik dan interaktif karena dilanjutkan dengan diskusi dengan semangat solusi.

Dari hasil diskusi dan semangat solusi tersebut dapat disimpulkan bahwa secara umum bahwa tiap bidang telah memantapkan rumusan program kerja 2023 dan mengalir dari hasil Kongres IV 2022 untuk dijalankan dengan  struktur organisasi yang ada dan mengoptimalkan sumber daya. Terdapat proses lateral antar bidang yang semakin solid dan memperjelas process owner nya. Proses sinergi dan kolaborasi semakin diperkuat dengan melibatkan para kolaborator antara lain pengembangan profesi (AHM, TMMIN dan lainnya), pembuatan MoU secara  korporasi dalam negeri (BLK Bekasi, Serang, Bandung,  Kadin dan institusi lainnya) dan luar negeri antara lain  Malaysia Productivity Corporation (MPC). Updating database anggota dan penerbitan kebijakan manfaat atau benefit menjadi anggota AMMPI.  Sedangkan yang menjadi konsep atau desain pemikiran  seperti transformasi organisasi dan penerapan Business Excellence Framework (BEF) AMMPI. Beberapa masukan yang mengemuka pada saat diskusi menjadi bahan masukan berharga dan bahan pertimbangan untuk perbaikan ke depan. AMMPI Jaya. Indonesia Maju.

Setelah diskusi secara interaktif dan komunikatif, berharap acara RAKERNAS AMMPI 2023 menghasilkan rumusan program kerja 2023 yang semakin memenuhi kaidah smart dan menghadirkan manfaat bagi diri, organisasi dan bangsa Indonesia  maka rangkaian acara RAKERNAS AMMPI 2023 ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Arfizon  sebagai perwujudan insan yang beriman dan bertakwa. Usai berdoa bersama dilanjutkan foto bersama oleh host acara Reyza.  

Di penghujung catatan RAKERNAS AMMPI 2023 ini tersampaikan  pesan moral sebagai berikut :

Bunga kamboja tumbuh di gunung, bunga melati semerbak mewangi.

Mari kita saling mendukung, AMMPI kontribusi untuk negeri.       

(Kiriman : Suradi, SE, MM-AMMPI)