Kunjungan Perusahaan ke PT. Pupuk Kalimantan Timur (PKT) secara Online – GPEA 2022

Kontributor : Suradi, SE, MM – DPP AMMPI

Kunjungan Perusahaan PKT secara Online. Meski kunjungan perusahaan dilakukan secara online namun tidak mengurangi semangat dan antusias  untuk meningkatkan kinerja ekselen di pasar nasional dan pasar global secara berkelanjutan. Di hari Senin di tanggal 1 Agustus 2022 di awal  bulan ini memberikan warna dan nuansa yang berbeda bagi PKT untuk menerima kunjungan tim GPEA IQPMA menyampaikan proses keikutsertaan dalam GPEA 2022 dan program GPEA 2023. Acara ini dibuka oleh Host Reyza yang selama ini menjadi liaison tim IQPMA dengan champion team PKT.

Value creation.  Ketua Umum DPP AMMPI (Suradi) menyampaikan ucapan selamat kepada Manajemen dan staf PKT mengikuti GPEA 2022  ini  merupakan yang ke 5 sejak 2018 atau 5 tahun berturut-turut. Keikutsertaan dalam GPEA 2022 tentu menuntut dan menuntun PKT melalui Champion Team nya bekerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas dengan menyusun Dokumen Aplikasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Secara umum PKT sebagai perusahaan yang menerapkan kaidah dan norma kinerja unggul menjadi  kekuatan, keunggulan dan daya saing baik di tingkat nasional maupun di tingkat global  dalam menjalankan strategi, layanan dan operasionalnya di pasar nasional dan  pasar global. Beberapa value creation yang memperkuat bargaining position dan menjadi competitive advantage dan positive sustainable growth PKT  antara lain kegiatan inovasi  baik dari segi tata kelolanya maupun kontennya yang mengaktualisasikan tahapan learning dalam prosesnya dan resultnya dan kegiatan CSR yang unik, khas dan berwawasan lingkungan memberikan positive image perusahaan antara lain UMKM Makrifah yang meraih penghargaan PARAMAKARYA dari presiden RI.  Beberapa event inovasi yang diikuti antara lain  inovasi tingkat nasional di TKMPN, inovasi K3 ICC OSH 2021-2022 dan event inovasi internasional antara lain IQPC, ICQCC, APQO dan lainnya.

Terimakasih atas kepercayaan, kerjasama dan kerja kolaboratif Champion Team PKT  dengan Tim GPEA AMMPI yang solid dan smart. Semoga dalam proses assessment di GPEA 2022 ini PKT kembali meraih hasil yang terbaik yang bermanfaat bagi diri, perusahaan, masyarakat dan bangsa Indonesia . Aamiin. Harapan kita kerjasama dan kolaborasi dapat kita pertahankan dan tingkatkan lebih baik lagi ke depan sebagai aktualisasi co creation of win-win longterm partnership.

Bila tuan ke Bontang, jangan lupa singgah ke PT Pupuk Kalimantan Timur.

Bersama kita berjuang, semoga PKT semakin makmur

Pake mobil kecil, pergi wisata. Bawa makanan hangat  jangan lupa.

Semoga PKT berhasil dalam GPEA 2022.   Hadirkan manfaat untuk diri, perusahaan dan bangsa

Siklus berulang untuk perbaikan. Dian Wahyu selaku Plt Vice President Inovasi dan Pengembangan Manajemen  PKT menyampaikan ucapan terimakasih atas terselenggaranya acara kunjungan perusahaan secara virtual terhadap keikutsertaan PKT dalam GPEA 2022. Berbagai prestasi dan kinerja ekselen telah dicapai sebagai siklus berulang untuk melakukan perbaikan secara berkelanjutan sehingga PKT semakin lebih baik dan lebih baik lagi.

Proses Keikutsertaan PKT dalam GPEA 2022. Dalam kesempatan yang berharga ini proses keikutsertaan PKT dalam GPEA 2022 disajikan  oleh Abdul Halim selaku Tim GPEA-IQPMA dengan materi GPEA APQO winner & conference, proses peserta GPEA, proses penyusunan Dokumen APlikasi, peta kinerja dan kualitas Dokumen Aplikasi, Next program GPEA dan Conclusion.  Secara umum PKT semakin memantapkan diri sebagai perusahaan yang berkinerja ekselen di tingkat nasional dan tingkat global. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah inovasi yang banyak dan berkualitas dalam merespon kriteria di setiap kategori proses (terdapat 19 inovasi proses). Selain itu dari aspek result atai hasil kienr good level (lebih baik dari tahun sebelumnya sebanyak 96% atau 99 data dari 103 data yang dilaporkan. Sebagai peluang untuk pengembangan khususnya kinerja poor (memburuk dari tahun sebelumnya) sebanyak 4 data atau 4% dengan pembanding sebanyak 21 data atau 20%.

Oleh karena itu kegiatan inovasi dapat dipriortaskan pada tindak lanjut kinerja poor, unfavorable trend dan lagging comparison. Sebagai aksi menghadapi tantangan ke depan menjadi peluang maka PKT dapat melakukan integrasi BE, TQM dan ISO. Untuk pembinaan dan pemberdayaan SDM dapat dilakukan melalui workshop & training BEF : awareness, insight, application document, system development based on OFI’s.

Program GPEA 2023. Untuk program GPEA 2023 Damayanti sebagai Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri AMMPI menyampaikan persyaratan dan jadwal pelaksanaannya. Untuk GPEA 2023 akan diselenggarakan secara offline di Meksiko pada Oktober 2023 dengan beberapa jenis penghargaan : APQO International Individual (AIIA), APQO Innovation Class (AIC), APQO Internasional Best Practice (AIBP), Awrad for Contributing for Excellence (ACE Team) dan Global Performance Excellence Award (GPEA). Pada kesempatan ini ditegaskan kembali bahwa keikutsertaan GPEA 2023 lebh diperketat lagi terutama batas akhir pengiriman Dokumen Aplikasi peserta diharapkan sudah dikirimkan pada Maret 2023.

Penyerahan e Certificate of Completion IQPMA’S Application Document Preparation. Sebagai hasil perjuangan panjang PKT melalui manajemen dan champion team maka IQPMA menyerahkan e Certificate of Completion Application Document Preparation kepada PKT disaksikan para pihak secara virtual. 

Diskusi OFI to AFi. Dalam diskusi ini diberikan kesempatan kepada PKT untuk memberikan tanggapan berupa pertanyaan, usulan dan atau komentar untuk perbaikan ke depan. Dari hasil diskusi secara umum PKT menerima masukan untuk perbaikan ke depan dan berusaha untuk memenuhi batas waktu pengiriman Dokumen Aplikasi sebagai peserta GPEA 2023 yang semakin lebih dini dibanding tahun-tahun sebelumnya. Harapan bersama pada masa-masa berikutnya acara pertemuan seperti ini dapat diselenggarakan secara offline.