TEMU KARYA MUTU & PRODUKTIVITAS NASIONAL (TKMPN) XXII dan INTERNATIONAL QUALITY & PRODUCTIVITY CONVENTION (IQPC) 2018

BROSUR TKMPN XXII Batam Final_Page_1

“TEMU KARYA MUTU & PRODUKTIVITAS NASIONAL (TKMPN) XXII dan INTERNATIONAL QUALITY & PRODUCTIVITY CONVENTION (IQPC) 2018” diselenggarakan oleh Wahana Kendali Mutu (WKM) bekerjasama dengan Asosiasi Manajemen Mutu & Produktivitas Indonesia (AMMPI) pada tanggal 27-30 November 2018 di Hotel Harmoni One, Batam.

TKMPN merupakan kegiatan berbagi pengalaman antar lembaga yang akan menampilkan karya-karya Quality Improvement melalui SIX SIGMA, GKM, SS, KKM, SSG, PKM, 5R, dan lainnya. Acara tersebut juga akan dilengkapi Forum Manajemen dan Forum Fasilitator yang menampilkan pembicara praktisi dan pimpinan perusahan dari BUMN/BUMS dengan berbagai topik menarik.

Info lebih lanjut:

BROSUR TKMPN XXII Batam
Pendaftaran:
Formulir pendaftaran Peserta TKMPN XXII 2018 Batam

Kesimpulan Diskusi Panel 2nd Indonesia Quality Excellence Festival (IQEF) – 24-25 Agustus 2017

  • Keynote Speech

Pada acara pembukaan 2nd IQEF di Crowne Plaza Bandung 24 Agustus 2017 Ir. Gin Gin Ginanjar, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Bandung menyebutkan bahwa 2nd IQEF yang menghadirkan semangat Quality Excellence sangat relevan untuk dikembangkan di segenap sisi kehidupan tanah air kita saat ini.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa sebagai pemerintah kota yang banyak meraih penghargaan di bidang inovasi dan mutu, pihaknya memang sudah banyak melakukan inovasi dalam upaya meningkatkan Quality Excellence di segala bidang. Gin Gin yang pada kesempatan tersebut mewakili Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung yang berhalangan hadir, memaparkan bahwa mulai dari manajemen tata kota sampai penerapan aplikasi dalam rangka menciptakan sistem transparansi anggaran sudah memanfaatkan metoda Total Quality Management.

Penerapan ini terus berkelanjutan dan diharapkan Kota Bandung dapat menjadi contoh bagi kota-kota dan daerah-daerah lainnya, sehingga tema 2nd IQEF “From The Middle to The Top” benar-benar terwujud. Oleh karena itu pada akhir sambutannya GinGin menyampaikan harapan hendaknya seminar ini mampu menghasilkan buah pemikiran, ilmu baru dan inovasi dalam Quality Excellence yang dapat diterapkan dan digunakan di semua sektor kehidupan.

  • Diskusi Panel I

Hari                        : Kamis, 24 Agustus 2017 – Pukul  10.00 – 12.00 WIB

Moderator            : Hendra Bahar

Materi Bahasan   :

  1. Elevating Operational Excellence - Lie Si An, PT. Tower Bersama Infrastructure
  2. Branding in DigitalMuhammad Yukka Harlanda, CEO Brodo Indonesia

Kesimpulan

  • Elevating Operational Excellence – Lie Si An
  1. Elevate Operasional Tower Bersama menuju excellence dilakukan melalui:
    1. Alignment / melakukan pelarasan semua kegiatan dalam perusahaan dengan mengacu pada visi dan misi perusahaan.
    2. Improvement / meningkatkan semua kegiatan operasional.
    3. Measurment / mengukur semua kegiatan yang di-improve.
  2. Inovasi dikembangkan dengan cara memasukkan program SS, QCC dan lain sebagainya ke dalam KPI.
  3. Pemberian reward bagi karyawan yang berprestasi atau telah melakukan inovasi bukan hanya dalam bentuk materi, tetapi juga yang bersifat non materi.
  4. Dalam mengelola CSR, Tower Bersama melaksanakannya di bidang pendidikan, kesehatan, budaya dan lingkungan hidup.
  5. Kesulitan yang dihadapi perusahaan pada umumnya terjadi di site / lapangan, meliputi aspek keamanan, sosial, masalah lahan dan lain sebagainya.
  • Branding in Digital Era – Muhammad Yukka Harlanda
  1. Produk sepatu bermerek Brodo, pemasaran berbasis e-commerce / media sosial.
  2. Strategi penjualan yang diaplikasikan adalah metoda untuk memenuhi keinginan pelanggan, meliputi hal-hal sebagai berikut:
    1. Jika ukuran sepatu tidak sesuai harapan pemesan, maka produk tersebut dapat diganti atau jaminan uang kembali meskipun sudah dipakai, tetapi jika sudah dipakai, maka penggantian hanya berlaku 1 kali saja dan pembelinya tidak boleh membeli lagi.
    2. Agar pembeli memperoleh ukuran yang tepat, disediakan beberapa gerai pelayanan untuk mencoba ukuran sepatu.
    3. Penjualan dilakukan dengan memanfaatkan media sosial melalui smartphone.
  3. Bagi pelaku usaha yang ingin berbisnis dengan basis media sosial ini diperlukan pola pikir terbuka / open mind dari pemilik atau pimpinan perusahaannya.
  4. Permasalahan yang dihadapi, meliputi:
    1. Pengupahan karyawan di awal mula bisnis dijalankan.
    2. Pembayaran vendor di awal mula bisnis dijalankan.

Laporan 2nd Indonesia Quality Excellence Festival (IQEF) 2017

PENDAHULUAN

WhatsApp Image 2017-09-08 at 15.28.38Sehubungan dengan telah berakhirnya acara 2nd Indonesia Quality Excellence Festival yang dilaksanakan di Crowne Plaza Bandung pada tanggal 24-25 Agustus 2017, maka dapat kami sampaikan bahwa berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa atas kerja keras Panitia 2nd IQEF, pelaksanaan acara ini dapat berlangsung dengan lancar dan baik sesuai rencana.

Dukungan pemerintah pada acara 2nd IQEF 2017 kali ini diwujudkan dengan hadirnya Bapak Gin Gin Ginanjar, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informasi Pemerintah Kota Bandung mewakili Bapak Ridwan Kamil, Walikota Bandung yang berhalangan hadir dengan membacakan sambutan pembukaan secara resmi acara 2nd IQEF.

Disamping itu para pembicara yang direncanakan berjumlah 9 orang, pada saat pelaksanaan dapat hadir 8 orang pembicara. 90% pembicara dapat memberikan presentasi materi yang sesuai dengan topik yang diberikan dengan menarik dan sesuai jadwal acara.

Pada dasarnya Panitia Pelaksana telah berusaha semaksimal mungkin mempersiapkan segala sesuatunya berkaitan penyelenggaraan 2nd IQEF agar dapat berlangsung secara baik. Tetapi mengingat bahwa kegiatan ini baru diselenggarakan untuk kali yang kedua, sehingga banyak calon peserta yang kami ajak berpartisipasi belum bersedia bergabung. Di samping itu, dengan hambatan kesulitan mengajak peran serta tersebut, jadwal pelaksanaan yang sedianya pada pertengahan bulan Juni 2017 dijadwalkan ulang menjadi tanggal 24-25 Agustus 2017 dengan harapan dapat mengajak lebih banyak peserta. Namun pada kenyataannya banyak pihak baik di kalangan dunia usaha swasta, BUMN maupun institusi pemerintah yang juga melaksanakan kegiatan pada bulan Agustus. Sehingga target kepesertaan 2nd IQEF tetap tidak berhasil dicapai.

Penyelenggaraan 2nd IQEF sangat berbeda dengan acara IQEF yang sebelumnya. Tahun ini digelar pula pameran UMKM dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung serta dari beberapa mahasiswa dari kampus-kampus di Bandung. Dengan keikutsertaan pameran tersebut mampu membuat acara festival lebih meriah dan juga mampu memberikan kesempatan kepada UMKM dan sivitas akademika dalam rangka mempromosikan produk unggulannya.

Laporan pelaksanaan 2nd IQEF ini selanjutnya kami harapkan dapat dijadikan bahan masukan dan kajian untuk meningkatkan mutu pelaksanaan 2nd IQEF pada tahun 2017. Karena itu kami mohon tanggapan, saran dan masukan untuk melengkapi laporan ini sehingga bermanfaat bagi kita semua tidak hanya untuk peningkatan penyelenggaraan IQEF saja, tetapi juga untuk pelaksanaan program-program AMMPI lainnya.

Akhir kata, kami atas nama Panitia Pelaksana mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mensukseskan acara ini.

RISALAH RAPAT AMMPI 24 AGUSTUS 2017

Salam Mutu dan Produktivitas!

Berikut adalah risalah hasil pertemuan/rapat AMMPI pada Kamis, 24 Agustus 2017 di Hotel Crowne Plaza Bandung pukul 16.00-18.00 WIB yang dihadiri oleh narasumber external (Pak Win), Duta Pengurus AMMPI, Juri dan Panitia TKMPN.

  • AMMPI
  1. Lembaga Sertifikasi Profesional (LSP). Dilakukan secara paralel dengan memenuhi persyaratan SKKNI dan BSN. Pengurusan LSP melibatkan para expert yang siap membantu AMMPI antara lain Prof. Dr. Senator Nur Bahagia (ITB), Prof. Dr. Ir. Edy Sunardi, MSc. (UNPAD) dan DR. Win Puji Pamularso (PIC Pak Thalib).
  2. Untuk memperlancar pengurusan LSP, Dewan Pengurus Pusat AMMPI segera menerbitkan surat penunjukan Tim LSP AMMPI.
  3. Rekomendasi DPP AMMPI kepada pemerintah perlu melibatkan tokoh yang expert di bidangnya. Rapat finalisasi rumusan rekomendasi dijadwalkan Jum’at, 8 September 2017.
  4. Pertemuan dengan Pak Zuhri Bahri (Dir. Produktivitas Kemnaker) pada Kamis 7 September 2017 untuk mempromosikan hasil 2nd IQEF 2017 dan menjajaki pendekatan event mutu dan produktivitas baik nasional maupun internasional.
  5. Optimalisasi pengguna web AMMPI (ammpi.com) dengan mengisi rubrik artikel oleh para Pengurus AMMPI dan memuat hasil 2nd IQEF 2017 di Bandung.
  6. 3rd IQEF 2018 akan diselenggarakan di Bogor dengan menyusun media promosi dan publikasi mulai September 2017 serta memanfaatkan event TKMPN 2017 di Padang

Demikian beberapa risalah pertemuan AMMPI 24 Agustus 2017 di Bandung dengan harapan dapat menjadi embrio Minute of Meeting dan sebagai pedoman dalam menindaklanjuti seluruh kegiatan dalam mencapai perubahan yang lebih baik di masa yang akan datang.

Asosiasi Manajemen Mutu & Produktivas Indonesia

Talip Widiyanto

TTD Talip Widiyanto

Ketua Umum

Toto Suharto

TTD Toto Suharto

Sekertaris Jendral        

post

2nd Indonesia Quality Excellence Festival

Asosiasi Manajemen Mutu & Produktifitas Indonesia kembali hadir dengan acara 2nd Indonesia Quality Excellence Festival yang dilaksanakan pada 24-25 Agustus 2017 di Crowne Plaza Hotel, Bandung, Jawa Barat.  Acara ini diisi oleh para profesional di bidang ekonomi serta pameran dari para pengusaha Kecil dan Menengah, juga kompetisi foto sosial media Instagram.  Segera daftar melalui kontak yang tertera dalam poster.